RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMP NEGERI 1
INDRAMAYU
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VIII
SEMESTER : 1
ALOKASI
WAKTU : 1X40 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI (SK)
Menulis
: 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
4.3 Menulis petunjuk
melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif.
C. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian petunjuk dan jenis-jenisnya.
2. Menentukan urutan yang tepat dalam
menulis petunjuk
3. Pengertian bahasa yang efektif dalam
menulis petunjuk
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat memahami
pengertian dan jenis-jenis petunjuk.
2. Siswa dapat memahami
urutan yang benar dalam petunjuk yang akan disajikan sebagai contoh.
3. Siswa dapat memahami
pengertian penggunaan bahasa yang
efektif dalam petunjuk.
4. Siswa dapat menulis
petunjuk dalam melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif.
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Diskusi atau tanya jawab
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
1
|
Kegiatan Awal :
- Guru
memulai pelajaran dengan mengucapkan salam kepada siswa
-
Guru
mengondisikan kelas agar tertib sebelum memulai penjelasan materi
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
Standar Kompetensi (SK) yang akan dipelajari hari ini.
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
Kompetensi Dasar (KD) yang akan dipelajari hari ini.
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
tujuan pembelajaran hari ini.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
sebelum memulai menjelaskan materi.
|
Bersahabat
dan komunikatif
|
2
|
Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai pengertian petunjuk, urutan
yang tepat dalam menulis petunjuk, dan penggunaan bahasa yang efektif dalam
menulis petunjuk
-
Siswa memperhatikan contoh petunjuk yang akan diperlihatkan.
- Siswa mengurutkan dengan urutan yang tepat
pada petunjuk yang dicontohkan.
- Siswa menentukan penggunaan bahasa yang
efektif dalam petunjuk tersebut.
b.
Elaborasi
- Siswa mendiskusikan
tentang petunjuk
- Siswa mengurutkan suatu petunjuk dengan
urutan yang tepat dan menentukan penggunaan bahasa yang efektif.
- Siswa membuat petunjuk melakukan sesuatu
c.
Konfirmasi
- Siswa
bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.
|
Tanggung
jawab
Bekerja
sama
Komunikatif
|
3
|
Kegiatan Akhir :
- Siswa dan
guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- Siswa menulis dan memahami tugas yang diberikan
guru untuk pertemuan berikutnya
|
Bekerja
sama dan Bertanggungjawab
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
SUMBER :
1.
Buku paket : Sadikin, Asep Ganda, dkk. 2005. Kompeten Berbahasa Indonesia: SMP/MTS
Kelas VIII. Bandung: Grafindo Media
Pratama.
2. Buku paket : Sadikin, Asep Ganda, dkk.
2004, Kompeten Berbahasa Persatuan. SMP/MTS Kelas VIII. Bandung: Grafindo
Media Pratama.
3. Buku paket : Maryati, Sutopo. 2008, Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Jakarta:
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
4. Buku paket : Zabadi Fairul, Sutejo.
2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
MEDIA
PEMBELAJARAN :
1.
Laptop
2. Infocus
H. TUGAS
Individu :
1. Tentukanlah urutan yang tepat pada petunjuk
berikut ini!
1. Ulangi beberapa kali sehingga mata
kelihatan segar dan tidak bengkak
2. Jika kapas itu kering, basahilah
kembali.
3
Setelah itu basahilah dengan air es.
4. Ambil kapas secukupnya kemudian bagilah
menjadi dua bagian.
5. Lalu diamkanlah beberapa menit
6. Letakanlah kedua kapas lembap tersebut
pada kedua belah mata
2.
Buatlah petunjuk melakukan sesuatu dengan bahasa yang efektif!
I. PENILAIAN
-
Uraian bebas per individu
Mengetahui,
Indramayu,
2015
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.............................. .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar