Selasa, 16 Juni 2015

RPP Kurtilas kelas X Semester 2 (SMK)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan       : SMK
Kelas/Semester            : X/II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
 Topik                          : Teks Prosedur Kompleks
Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan
                                                            
A.    Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora. Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena, dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan  Pencapaian Indikator
            1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan     menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan        menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi,           prosedur kompleks, dan negoisasi.
2.1 Menunjukkan sikap tanggungjawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial lingkungan dan kebijakan publik.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator : Mengetahui struktur teks prosedur kompleks
4.1 Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator : Memahami isi dan ciri teks prosedur kompleks.
C. Tujuan Pembelajaran
            1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri          keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana   memahami informasi lisan dan tulis.
            2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri        keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana    menyajikan informasi lisan dan tulis.
            3. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur,   tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam membaca      teks prosedur kompleks.
            4. Setelah membaca teks prosedur dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui isi         dari teks prosedur  baik secara lisan maupun tulisan.
            5. Setelah membaca teks prosedur dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui dan      mengenali ciri dari teks prosedur  baik secara lisan maupun tulisan.

D. Materi Pembelajaran
            Teks Prosedur Kompleks
            1. Teks prosedur kompleks merupakan adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang        harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Baik membuat sesuatu, menggunakan          sesuatu, melakukan sesuatu dan lain sebagainya.
            2. Ciri-ciri teks prosedur :
a.       Menggunakan pola kalimat perintah,
b.      Menggunakan kata kerja aktif,
c.       Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan,
d.      Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.
3. Ciri Kebahasaan.
            1. Menggunakan kalimat imperative, Imperative: Kalimat perintah
            2. Partisipan Secara umum adalah manusia
      3. Menggunakan Verba material dan Verba tingkah laku
            4.  Menggunakan Konjungsi Temporal dan Konjungsi Syarat
     Struktur teks prosedur kompleks ada Tujuan Dan Langkah-langkah
     Tujuan: hasil akhir yang akan dicapai.
     Langkah-Langkah: cara cara  yang ditempuh agar tujuan itu tercapai
Contoh teks Prosedur mengurus kartu pelajar
       Langkah-langkah :
1. Datanglah ke kantor tata usaha di sekolah Anda
2. Mintalah blanko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga
3. Isilah data yang tertera pada blanko  dengan benar dan jujur
4. Setelah blanko selesai Anda isi, serahkan kepada petugas yang berjaga
          5. Setelah itu, Anda akan memasuki ruang pengambilan foto           
6. Setelah selesai berfoto, kartu pelajar akan jadi kurang lebih dua minggu

E. Alokasi Waktu
            1 x 45 Menit

F. Metode Pembelajaran.
·         Diskusi kelompok dan Penugasan
·         Pendekatan Scientific
·         Tanya jawab

G. Media, Alat dan Sumber Belajar
a. Media                      : Tayangan ppt dan contoh teks prosedur kompleks.
b. Alat                         : Laptop, infocus.
c. Sumber belajar         : Buku paket dan Internet.
Sutopo,Maryati. 2008. Bahasa Indonesia: SMK/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Akhadiah, Sabardi. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
 Krisdianto, Anang, S.Pd. 2006. Bahasa Indonesia: SMA/MA kelas X. Tiga Kota. Yogyakarta: CV. Gramedia Dua Tujuh.

H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1. Siswa merespon salam dari guru dan menjawab pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2. Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5 Menit
Inti
Mengamati
1. Siswa mencermati setiap bacaan teks yang ada dalam buku siswa halaman 50.
2. Siswa membaca atau melakukan kajian pustaka terhadap beberapa teks prosedur yang diberikan oleh guru.
3. Siswa mengamati tayangan yang berisi teks prosedur yang ditayangkan oleh guru.
4. Siswa membentuk kelompok kecil, 1 kelompok beranggotakan 3 orang.

Menanya
1.    Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya tentang contoh teks prosedur yang dibagikan oleh guru untuk masing-masing kelompok, teks prosedur kompleks yang dibagikan merupakan teks yang masih rancu, dan berbeda untuk setiap kelompok.
2. Setiap siswa dalam kelompok saling bertanya dan berdiskusi mengenai ciri dari teks prosedur yang telah didapat.
Mencoba
1. Siswa mencoba merumuskan dan menganalisis struktur dan penggunaan kaidah bahasa Indonesia dalam teks  prosedur yang telah didiskusikannya dengan teman kelompok dan bertukar pikiran bersama anggota kelompok.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks prosedur yang dibacanya.
Mengomunikasikan
 1. Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil kerja masing-masing.
2.    Kelompok lain  menanggapi dengan responsif dan santun.
3. Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.

35 menit
Penutup
1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
5 Menit

I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses






Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun
6
Kedisiplinan
.
b.   Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

Score
Mengetahui isi teks prosedur kompleks

Tes tertulis
Tes uraian
1.      Bacalah dengan saksama teks prosedur kompleks, tentukan jenis teks prosedur kompleks tersebut!
     10
Mengetahui urutan teks prosedur kompleks secara sistematis.
Tes tertulis

Tes uraian


2.      Urutkanlah teks prosedur kompleks tersebut dengan urutan yang tepat!
20



Mengetahui struktur isi teks prosedur kompleks.
Tes tertulis
Tes uraian
3.      Identifikasikanlah dan jelaskan struktur isi teks prosedur kompleks!
30


Mengetahui dan mengenali ciri teks prosedur kompleks
Tes tertulis
Tes uraian
4.      Identifikasikanlah dan jelaskan ciri pada teks prosedur kompleks tersebut!

40


c. Penilaian Hasil Kerja Siswa
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen
Keterangan
1
Lembar kerja siswa
a. Ketepatan jawaban
b. Kebahasaan
c. Kerapihan tulisan
Setelah proses pembelajaran.
Lembar Pengamatan
-

Kunci Jawaban :

1. Jenis dari teks prosedur kompleks tersebut adalah teks prosedur kompleks membuat sesuatu, karena terdapat langkah-langkah kronologis untuk mencapai sebuah tujuan, yakni membuat kartu pelajar.
2. 6,3,4,1,5,2
3. Urutan yang tepat pada teks prosedur kompleks tersebut adalah: 6,3,4,1,5,2. Karena apabila diurutkan dengan menggunakan urutan tersebut, struktur isi dan tujuan dari teks prosedur kompleks akan sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan.
4.  A. Menggunakan kalimat imperative atau kalimat perintah.
B. Berupa urutan kronologis untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
C.  Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan
D. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara

B.     Sumber Belajar
Buku Paket: Sutopo,Maryati. 2008. Bahasa Indonesia: SMK/MA Kelas X. Jakarta: PusatPerbukuan, DepartemenPendidikanNasional.
Buku Paket: Akhadiah, Sabardi. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Lk: Krisdianto, Anang, S.Pd. 2006. Bahasa Indonesia: SMA/MA kelas X. Tiga Kota. Yogyakarta: CV. Gramedia Dua Tujuh.

Indramayu, Mei 2015
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Widarsih, M. Pd.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar